Desain Taman Vertikal untuk Rumah Lahan Sempit

Jika Anda berniat untuk membuat taman di rumah tapi keberadaan lahan kosong yang ada terbatas, tak perlu menguburnya untuk tidak memiliki taman. Sekarang ini telah hadir desain taman vertikal atau vertical garden yang bisa mewujudkan taman hijau di sekitar rumah anda.

Vertical garden adalah salah satu teknik menanam tanaman dengan menggunakan panel yang diposisikan secara vertikal. Struktur taman yang dibuat dalam model ini berbentuk vertikal diletakkan pada dinding dengan menggunakan bantuan rak ataupun tidak. Sehingga tampilan Taman akan menghilang tinggi ke atas bukan di bawah.

Metode tanaman vertikal Ini sebenarnya sudah dikenal sejak dulu. Di era modern seperti sekarang, desain taman vertikal terus berkembang sampai populer dengan banyaknya model dekorasi rumah. Berikut adalah beberapa ide yang bisa anda lakukan untuk menciptakan Taman vertikal.

Vas Bunga Dengan Model Vertikal

Anda bisa menggantungkan pot tanah liat seperti desain pada gambar diatas yang diterapkan pada teras rumah ataupun balkon. Taman model ini adalah salah satu cara cerdas yang bisa menambahkan komponen hijau tanpa harus menggunakan banyak ruang. Anda bisa memilih berbagai macam jenis tanaman yang bisa digantungkan sesuai selera.

Manfaatkan Nampan untuk Desain Taman Vertikal

Desain dari taman vertikal model ini seperti pada nampan pada umumnya, mirip dengan flat pembibitan bagi plastik persegi panjang dibagi menjadi salah satu penanaman. Setiap bagian telah dilengkapi dengan braket sehingga pengait dan tambahan bingkai bisa memperindah tampilan tanaman. Jenis tanaman yang cocok untuk digunakan dalam model ini yaitu taman dengan sistem akar yang dangkal.

Standalone Wall

Jika anda tidak mempunyai dinding yang kosong dan bisa dimanfaatkan untuk membuat taman, kini Anda sebaiknya membuat standalone wall sendiri untuk desain taman vertikal rumah. Dinding bisa dibuat dari kawat yang menjulang ke atas untuk meletakkan pot kecil di di setiap permukaan nya.

Wallplanter yang Cantik

Dinding putih dan polos yang biasanya sepi kini bisa anda kreasikan dengan model tanaman vertikal. Anda bisa merancang sendiri kawat sebagai pengait pot dan meniru desain taman mungil seperti gambar di atas.

Manfaatkan Pipa Tembaga untuk Menaruh Tanaman

Pipa tembaga mempunyai warna yang unik cantik bila dijadikan sebagai penggantung tanaman di rumah. Anda juga bisa mengkreasikannya dengan beberapa tulisan untuk menunjukkan personality. Manfaatkan benang warna-warni menjadi gantungan dari setiap pot bunga yang dimiliki.

Buat Taman Vertikal dari Kain Bekas

Jika anda mempunyai banyak sekali tempat bekas dari kain atau karung bekas, anda bisa mengkreasikan nya menjadi sebuah pot. Gantungkan pada bagian belakang dinding rumah dan Tanami bunga warna-warni dengan kontras yang diinginkan.

Taman Gantung untuk Indoor

Anda juga bisa menciptakan desain taman vertikal di tempat anda memasak, taman vertikal dengan pot tergantung di depan jendela bisa menjadi pendukung suasana dalam menyegarkan mata. Tidak hanya bisa diletakkan di dapur, anda bisa meletakkan tanaman seperti ini di semua tempat yang diinginkan.

Desain Taman Vertikal untuk Rumah Lahan Sempit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top